28 February 2010

Amazing Holiday ! (Ciamis-Tasikmalaya-Bandung)

What a great journey I ever had!!

Yaeaahhh.. liburan kali ini bener-bener ninggalin jejak yang sangat berkesan bagi gue. Di akhir libur semester, gue pulang kampung ke Ciamis. Udah 15tahun gue gak mudik kesana!. Dan kali ini mudiknya juga berbeda, kita nggak ke rumah Ua Tatin di Kertaharja. Tapi kita ke rumah nenek baru gue (I called her Ibu). Yang nama daerahnya apa gue lupa. Pokoknya belok ke kiri dari Pasar Bojong, dan satu jam kemudian anda akan sampai di rumah kuno yang sederhana di tengah hutan.

Kesan pertama gue dateng ke rumah itu, gila kereen!!. Heran gitu, kenapa Ibu mau tinggal di rumah yang jauh ditengah hutan ini. Kalo gue disitu sih, gue gak akan betah. Tapi emang rumahnya cocok banget buat liburan. Tapi sayang, walaupun di tengah hutan cuaca disana tuh gerah banget, maklum udah deket sama Pangandaran. Jadi anginnya angin laut. Tadinya gue mau usul pasang AC. Tapi yah mana mungkin, listriknya gak muat (maklum di kampung) nyalain air, lampu, dan TV aja nggak kuat. Jadi kalo mau ngisi air, TV dan lampu mesti rela dimatiin dulu.

Tapi asik juga loh di rumah Ibu, mau buah apa aja tinggal metik di kebun belakang. kalo kata orang sunda mah SAGALA AYA!. Ada dukuh, manggis, petai, jengkol, salak, duren, dll. Dan kabarnya lagi Abah mau nambah lagi sama tanaman durian monthong biar cepet berbuah. Wuuiihh.., manstabh!
Habis sehari nginep di rumah Ibu, gue dan keluarga mampir ke Kertaharja (masih di Ciamis juga). Disana gue main ke rumah Ua Tatin (Ua nya papa) dan mampir ke bangunan rumah Nini BO (Almarhumah buyut gue). Terus gue nanya ke mama, kok namanya lucu yah Nini BO. Kata mama, itu nama panggilan dia. Soalnya dia itu dulunya mantri perhutanan pas jaman kompeni. Woow, keren juga yah?. Terus, gue jalan-jalan ke kebun dukuhnya Abah. Langsung deh kita foto-foto di sawah samping kebun dan tentunya metik dukuh sepuasnya.

Setelah itu, kita lanjut lagi perjalanan ke Tasikmalaya buat mampir ke rumah Aki Ncep. Seru banget deh, rumahnya dikelilingin sama kolam ikan. Terus, 10 meter dari rumah ada sungai yang jernih banget. Dan view disana keren banget. Pemandangan sawah yang padinya lagi menguning dengan latar belakang Gunung Galunggung. Subhanallah.., indah banget!
Abis mampir di rumah Aki Ncep, masih di kota yang sama kita ke daerah Rajapolah buat beli oleh-oleh kerajinan tangan asli Tasikmalaya. Walaupun hujan gede, dan tokonya mati lampu. Hal itu nggak mematahkan semangat kita. Tetep borong barang-barangnya. Dan gue sukses ngeborong 6 buah tas. Itu belom termasuk barang punya mama, papa, dan Alya. Hasil dari oleh-oleh yang super banyak. Gue dan keluarga sampe harus rela mangku barang-barang saking nggak muatnya tempat.

Empat jam duduk di mobil sambil mangku barang-barang dan menikmati macet akibat banjir di daerah Rancaekek. Akhirnya sampe juga di rumah kesayangan kami, di Jalan Suci Bandung. Tanpa basa-basi gue langsung jajan mie kocok terus mandi dan langsung tidur. Capee bangeettt..
Setelah nginep di Bandung sehari, akhirnya pagi harinya kita sekeluarga kita pulang ke Depok. Dan masih mangku oleh-oleh. Apalagi sekarang oleh-olehnya nambah lagi. Untung aja Bandung-Depok cuman 3jam. Kalo nggak, bisa encok pegelinu gue.
Sekarang.., perjalanan liburan gue udah selesai. Dan besok bulan baru, hari pertama di bulan Maret gue akan kembali ke rutinitas gue sebagai anak kuliahan dan balik ke kost an lagi di Ciputat yang panas nan gersang. Huufftt.., gue mesti semangat mengawali hari-hari di semester 2. Dan berjuang naikkin ip gue biar diatas 3.5, biar cita-cita gue lulus dengan nilai cum laude terpenuhi. Amien.

SEMANGAT!!



Foto-foto:

Rumah Ibu dan Abah ditengah hutan


jalanan menuju rumah Ibu dan Abah


Kebun halaman belakang


Acara sambutan dari Abah


Abah dan Ibu


R.Unang Sopandi Natakusumah n family


My family with Abah and Ibu


Abah's grand daughters n grand sons


alya dan abah


Sawah samping kebun Abah di Kertaharja Ciamis


kebun dukuh Abah


Rumah Aki Ncep di Tasikmalaya

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...