7 March 2010

Penyakit itu bukan sebuah lelucon!

Gue sangat kecewa sama orang-orang yang menjelek-jelekkan penyakit epilepsi. Yup.., itu adalah penyakit yang pernah gue derita sampai gue dinyatain sembuh akhir tahun lalu. Bahkan ada acara komedi di TV yang pernah bikin lelucon yang nganggap kalo orang yang kejang-kejang karena penyakit ini tuh lucu. Selain itu, gue juga suka denger temen-temen gue yang suka ngetawain penyakit ini. Mungkin mereka emang gak tahu kalo sebenernya temennya ini sakit penyakit itu. Karena gue sengaja buat nutupin itu semua biar ga ada perbedaan diantara kita. Dan gue cuman bisa nanggepin hal-hal tersebut dengan senyuman. Mental gue udah terlalu kebal buat denger hal yang kayak gitu.

Tapi, walaupun kayak gitu gue juga suka geram sama mereka yang nganggap penyakit epilepsi itu lucu. Mereka gak mikir apa, emangnya kalau orang kejang-kejang tuh lelucon?. Pantes buat diketawain?. SAMA SEKALI NGGAK LUCU!!. Penyandang epilepsi saat lagi kumat, dan kejang-kejang itu adalah saat dia mempertaruhkan nyawanya. Itu adalah saat ada sel syaraf otak yang konslet, bahkan putus. Dan supply oksigen ke otak tuh menurun. Dan rasanya.. SAKIT banget.., bahkan kadang susah buat ngembaliin anggota badan yang kaku dan mengejang ke keadaan semula. Bahkan saat kejang seperti ini gue suka pasrah aja ke Allah, karena gue gak tahan nahan kesakitan ini dan gue gak mau ngeliat orangtua gue sedih karena ngeliat gue kayak begini. Dan keadaan seperti inilah yang mereka tertawakan. Dimana hati nurani kalian??.

Mungkin bagi orang yang kayak gue, yang cuek sama ejekan orang nganggep hal kayak gini tuh biasa aja. Gue anggap apa yang mereka ketawain dan yang mereka omongin tentang penyakit ini tuh cuman angin lewat doang. Tapi gimana dengan penyandang epilepsi lainnya yang mentalnya gak sekuat gue?. Pasti mereka tambah malu, minder, tertekan, gak PD, dan gampang nyerah.

Di dalam postingan ini gue cuman pengen berpesan kepada orang-orang yang suka mengejek dan mentertawakan penyakit epilepsi. Tolong jaga perasaan mereka, kondisi emosi penyandang epilepsi nggak seperti orang normal. Keadaan tertekan mereka yang denger ejekan seperti itu bisa memicu sakit mereka. Dan penyakit itu adalah musibah, kayaknya gak layak aja sebuah musibah malah dibikin lelucon buat ketawa!.

Dan buat penyandang epilepsi yang pernah denger ejekan atau yang pernah diketawain sama pihak-pihak yang gak punya hati nurani. Jangan pernah dengerin perkataan mereka. Fokuslah pada kesembuhan diri kalian, dan lihat orang-orang disekitar kita yang selalu men-support dan menyayangi kita. Dan semangaaatt!!. Pasti dibalik kekurangan kalian, ada banyak kelebihan yang kalian punya dan mungkin orang-orang yang ngejek dan mentertawakan kalian itu gak punya kelebihan seperti kalian.

1 comment:

  1. setujuuuu liv!!!
    mentang2 pada dikasih hampir sempurna sm allah,jd gampang bgt ngeremehin orang yang pny kekurangan...
    ada juga ni ya, tmn blog yg nyebelin,ditanya "masa c qm bneran g pny fb?" eh dia bilang "iya,abis gue bukan autis c jd g pny fb,hehe"

    bagusss bgt ya liv!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...