24 July 2010

Mimpi

Well, gue akan melanjutkan rasa penasaran gue tentang mimpi. Dan gue mendapatkan hasil dari wikipedia yang ngasih pengertian mimpi. Seperti ini pengertiannya:
Mimpi adalah pengalaman bawah sadar yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, perasaan, atau indra lainnya dalam tidur, terutama saat tidur yang disertai gerakan mata yang cepat (rapid eye movement/REM sleep).
Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa pemimpi. Pengecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan terkadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.
Pemimpi juga dapat merasakan emosi ketika bermimpi, misalnya emosi takut dalam mimpi buruk. Ilmu yang mempelajari mimpi disebut oneirologi
Lalu, masih berhubungan dengan mimpi, gue juga mendapatkan informasi tentang seorang tokoh bernama Sigmund Freud, yang mempelajari tentang teori mimpi. Freud juga memiliki teori bahwa kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku.

Analisis Mimpi, digunakan oleh Freud dari pemahamannya bahwa mimpi merupakan pesan alam bawah sadar yang abstrak terhadap alam sadar, pesan-pesan ini berisi keinginan, ketakutan dan berbagai macam aktivitas emosi lain, hingga aktivitas emosi yang sama sekali tidak disadari. Sehingga metode Analisis Mimpi dapat digunakan untuk mengungkap pesan bawah sadar atau permasalahan terpendam, baik berupa hasrat, ketakutan, kekhawatiran, kemarahan yang tidak disadari karena ditekan oleh seseorang. Ketika hal masalah-masalah alam bawah sadar ini telah berhasil di-ungkap, maka untuk penyelesaian selanjutnya akan lebih mudah untuk diselesaikan. Jadi, Freud menerapkan metode ini dalam menangani pasiennya. Karena kadang kita memendam sesuatu atau menyimpan rahasia terbesar kita di bawah alam sadar kita. Yaitu di alam mimpi. Hihi, asiik dapet ilmunya dan makna dari film inception deh.

Mungkin baru segitu aja ilmu tentang mimpi yang baru bisa gue ketahui, mungkin selama liburan ini gue mau mencoba melahap e-book "The Interpretation of Dream" karya Sigmund Freud. Tapi kayaknya gak yakin gue bisa ngambil semua intisari dan paham isi tuh e-book. Halamannya aja ada 600-an. Bahasa Inggris semua. But, I must love reading english books since right now. Because Im English Literature student. Hehee. Asal tuh tulisan Bahasa inggris nggak ngebuat bola mata gue kebalik aja.

Heemmm..., kalau menurut gue sih karena mimpi itu ternyata bukan hanya sekedar bunga tidur. Di buku Quantum Ikhlas menyebutkan bahwa kekuatan maha dahsyat di dunia ini adalah kekuatan dibawah alam sadar kita. Dan Tuhan nggak mungkin menciptakan sesuatu tanpa alasan dan manfaat. Mimpi juga bermanfaat bagi manusia, contohnya aja saat kita sholat istikharah. Kita meminta petunjuk di saat kita kebingungan dalam menentukan pilihan, Allah memberikan petunjuk kepada kita lewat mimpi. Subhanallah sekali itu..

So, pikirkan sesuatu agar menjadi mimpi, dan wujudkanlah mimpimu!!

3 comments:

  1. keyakinan mimpi ya. hmm.. kayak di video dokumenter the secret tuh, udah liat belom..

    ReplyDelete
  2. udah liat..
    makanya di the secret juga bilang..
    kekuatan paling besar di semesta alam ini adalah suggesti, dan pikiran dalam alam bawah sadar kita..

    ReplyDelete
  3. yup. betul sekali. 100 buat aliva :P

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...