11 August 2010

I miss you Amih..

Ramadhan akhirnya datang. Banyak hal-hal yang gue rindukan di bulan Ramadhan ini. Apalagi suasana Ramadhan saat gue kecil dulu, suasana Ramadhan di Bandung. Gue emang sejak SD tinggal di Jakarta, dan kelas 4 SD mulai tinggal di Depok. Tapi, selama Ramadhan biasanya gue selalu menghabiskannya di Bandung. Gue selalu mudik duluan tanpa mama papa di awal bulan Ramadhan. Saat kecil dulu, gue senang menikmati bulan Ramadhan di Bandung karena banyak saudara-saudara gue, suasananya yang sejuk, makanan yang dibuat Bi Neng selalu enak dan gue juga mendapatkan kehangatan kasih sayang dari Amih.

Setiap gue tiba di Bandung, amih selalu bikin makanan kesukaan gue dan papa mama. Dia pasti nyiapin semur jengkol buat papa, dan kalau gue gue suka makan dendeng (tapi sekarang, gue mulai suka jengkol loh :p). Dan kegiatan Ramadhan disana macem-macem. Gue ikutan pengajian, sholat tarawih di gedung serba guna. Dan yang paling gue suka adalah bikin kue kering. Hhhmm, gue paling semangat di kegiatan ini. Apalagi kalau bikin kue kering favorit gue kastangels dan putri salju. Gue bisa minta dibikinin bertoples-toples buat 2 jenis kue itu. Selain itu, tiap Ramadhan disana juga gue biasa ikutan ke pasar setiap pagi sama Bi Neng. Dan sore nya biasanya ngabuburit. Oh iya, tarawih disana juga beda loh!. Soalnya ceramahnya itu pake Bahasa Sunda. Sebagai orang sunda 100% ASLI sih abdi mah tiasa nyarios sareng ngartos pisan lah Basa Sunda. Hehe

Tapi, diantara semua itu yang paling gue kangenin adalah sholat berjamaah bareng amih dan adit. Biasanya, habis sholat berjamaah kita berdoa bareng. Oooh.., I really miss that moment!. Amih selalu berdoa yang terbaik buat kita cucu-cucu nya. Lalu, kalau gue dan Adit mau tidur pasti selalu dikelonin sama amih.

Di malam takbiran, adalah malam yang paling gue rindukan suasananya. Makanya setiap malam takbiran gue terkadang selalu nangis inget amih. Gue selalu inget suasana malam takbiran sama dia. Saat satu rumah sibik dan gue ikutan sibuk bikin ketupat, biasanya gue dapet bagian masukin beras ke dalam ketupat. Sementara yang lainnya masak opor dan gulai kambing. Setelah ketupat mateng, gue paling suka ngegantungin ketupatnya di rumah wetan. Waktu itu kan gue belom nyampe, jadi masangin ketupatnya sambil loncat-loncat. Kalau semuanya udah beres, gue suka ikutan ke masjid buat mukulin bedug. Aaaah..., ngangenin banget suasananya... Oh iya, pernah waktu malam takbiran kapan, gue ngeliat penampakan gitu. Gue ngeliat sesosok mirip amih. Entah itu halusinasi gue atau apa. Tapi gue yakin itu cuman jin yang menyerupai dia, nggak mungkin lah seseorang yang udah meninggal bisa hadir kembali. Kalau sesosok macan sih udah biasa gue liat di rumah Bandung atau di rumah gue sendiri..

Lalu, saat hari raya nya gue selalu sholat Ied disamping dia. Saat perjalanan ke tempat sholat Ied gue juga selalu dituntun sama Amih. Saat sholat Ied di Bandung beberapa tahun lalu, gue sempet nangis pas salam-salaman sama warga disana. Biasanya gue kan nggak mau nangis sampe air mata dan ingus gue keluar. Abisnya gak mau kan gue keliatan jelek. Hehe. Tapi waktu gue salaman sama tetangga gue di Bandung dan dia Bilang, "Neng Nenden atos ageung ayeuna. Coba kalau Amih masih ada..". Langsung gue nangis saat itu juga, inget sama kata-kata amih kalau nanti gue wisuda dia pasti dateng. Dan sekarang pun saat gue menulis ini, tanpa kerasa air mata gue turun..

Gue dan amih memang deket banget. Mungkin lebih deket daripada gue sama mama. Maklum, saat gue kecil gue lebih sering sama amih dibandingin mama. Dulu mama kan wanita karir yang super sibuk. Walaupun dulu amih juga sibuk, karena profesinya guru. Dan kepala sekolah di SD Negeri di daerah Cikadut. Tapi jadwal kerja amih nggak se-padat mama. Jadi gue lebih sering sama amih. Dan ikut amih kerja, karena tempat kerja amih lebih deket dari rumah daripada tempat kerja mama yang jauh-jauh..


Amih..
Teteh sono ka amih..

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...